Tips dan Trik Mengatasi Hydroplaning

Hasilnya adalah kehilangan kemudi, pengereman dan kontrol daya”. Tak perlu dikatakan lagi Hydroplaning berbahaya dan jika Anda tidak bereaksi dengan benar bisa berakibat fatal tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga orang lain. Berikut adalah beberapa tip tentang cara menghindari dan menanganinya. dengan hidroplaning:

  1. Periksa kondisi ban Anda
    Periksa ulir ban Anda, pastikan Anda tidak berkendara saat hujan dengan ban botak karena ulir seharusnya membantu mendistribusikan air di sekitar ban untuk traksi lebih banyak. Jangan lupa juga untuk memastikan ban Anda dipompa dengan benar sesuai dengan rekomendasi pabrikan PSI.
  2. Pelan-pelan dan waspada
    saat jalan basah Semakin cepat Anda mengemudi, semakin sulit ban Anda menyebarkan air secara merata. Sebisa mungkin, berhati-hatilah dan jauhi genangan air dan genangan air yang dapat menyebabkan ban Anda kehilangan traksi dengan permukaan jalan, juga hindari mengemudi di jalur luar di mana air cenderung menumpuk.
  3. Hindari pengereman yang keras dan berbelok tajam secara tiba-tiba
    Ini bekerja bergandengan tangan dengan tip #2, mengemudi terlalu cepat dapat menyebabkan Anda mengerem keras yang dapat menyebabkan ban Anda terkunci dan kehilangan traksi. Mengambil tikungan tajam yang tiba-tiba juga dapat menyebabkan hilangnya traksi secara tiba-tiba.
  4. Jika itu terjadi, tetap tenang
    Penting untuk selalu tetap tenang di jalan, karena terkadang apa pun yang Anda lakukan atau seberapa banyak tindakan pencegahan yang Anda ambil, Anda masih bisa menjadi korban Hydroplaning. Jika itu terjadi mengarahkan ke slide untuk menjaga kontrol, setelah Anda mendapatkan kembali beberapa traksi perlahan-lahan counter steer tapi tidak terlalu banyak untuk menghindari fishtailing dan berputar di luar kendali.
  5. Jika berputar, gunakan kedua kaki
    Jika Anda tidak dapat mencegah putaran, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menyetir ke dalam slide dan menginjak pedal rem dan kopling untuk mencoba membuat mobil berhenti total. Namun perhatikan, jika mobil hampir kehilangan traksi (lebih dalam keadaan melayang) tetap berpegang pada tip #4 cobalah untuk mendapatkan kembali traksi melalui koreksi yang halus dan lembut.
  6. Tips Bonus
    Coba gunakan Pertua Oil and Metal treatment untuk kendaraan Anda, yang diformulasikan untuk mengurangi gesekan pada mesin Anda sehingga memberikan performa yang lebih baik, jarak tempuh bahan bakar dan umur mesin yang lebih lama. Menjaga performa mesin Anda pada tingkat optimal apapun kondisi berkendaranya.

“Istilah hydroplaning biasanya digunakan untuk merujuk pada penyaradan atau meluncurnya ban mobil di permukaan yang basah. Hydroplaning terjadi ketika ban menghadapi lebih banyak air daripada yang bisa dihamburkan. Tekanan air di bagian depan roda mendorong air ke bawah ban, dan ban kemudian dipisahkan dari permukaan jalan oleh lapisan tipis air dan kehilangan traksi. Semoga artikel Otomotif ini bermanfaat untuk pengguna otomotif di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.